fbpx
Blog

Membuat Database MySQL di Cpanel

Singkatnya, Database / Basis Data adalah sekumpulan data dan informasi yang di susun secara sistematis agar mudah untuk di akses dan digunakan kembali. Berbicara mengenai database, tentu kita pernah mendengar beberapa database populer yang mungkin kita sendiri bahkan pernah menggunakan database tersebut. diantaranya adalah Oracle, MySql, PostgreSQL, MongoDB dll.

Sesuai tema diatas, pada kesempatan kali ini kita hanya akan mempelajari database MySQL, mengenai bagaimana cara membuat database baru menggunakan mysql dan menambahkan user baru di cpanel untuk memberikan hak akses pada database yang akan kita buat.

# Membuat Database baru

  1. Login ke Cpanel hosting kamu

2. Pilih Menu MySQL Databases

3. Selanjutnya tentukan nama database, sebagai contoh disini saya menggunakan “andika” sebagai nama databasenya. jika sudah silahkan klik Create Database

# Menambahkan User Baru

           Setelah pembuatan database berhasil, tentu kita membutuhkan user untuk bisa mengakses databasenya, maka dari itu kita akan membuat satu user baru guna bisa mengakses database yang baru kita buat tadi.

  1. Jika pembuatan database sudah berhasil, gulir kebawah hingga menemukan kolom Add New User, tentukan Username dan Password, jika sudah klik Create User.

2. Jika sudah membuat user baru, maka kita harus menghubungkan user dengan database yang baru kita buat tadi, Klik kolom User untuk memilih user baru, dan klik database untuk memilih database baru, seperti pada gambar dibawah ini, sebagai contoh saya membuat database dan user menggunakan nama yang sama. jika sudah klik add

3. Selanjutnya adalah memberikan hak akses pada user, pada halaman Manage User Privileges, centang checkbox hak akses yang anda tentukan untuk user baru, jika sudah klik Make Changes. Selesai!!

Semoga Bermanfaat!! 🙂

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *