fbpx
Blog

Membuat Folder & SubFolder Menggunakan Command Prompt (CMD)

          Membuat folder menggunakan CMD sangatlah mudah, tentu kalian bisa langsung mempraktekannya dengan mengikuti tutorial ini. Apa itu Hacker?? haha.. mungkin kalian pernah mendengar istilah itu, Hacker identik dengan therminal pada linux dan scriptnya, namun bagi pengguna Windows tidak menutup kemungkinan untuk  bisa menjadi seorang hacker (Abal – abal) ckck..

          Berbicara mengenai therminal, windows juga memiliki terminal yang sangat terkenal yaitu Command Prompt atau biasa kita menyebutnya dengan CMD. Coba kamu praktekan tutorial ini pada teman mu yang minim pemahaman di dunia IT tentu peluang kamu dianggap sebagai hacker sangat besar hahaha. Pada tutorial kali ini kita hanya akan menggunakan satu perintah saja, yaitu mkdir = make direktori, langsung saja simak penjelasannya… Cekidot!!!!!!

# Langkah - langkah

  1. Untuk bisa mengakses cmd mudah sekali, cukup dengan kombinasikan tombol windows + R lalu akan muncul popup service, ketikan “cmd“.

2. Ini adalah tampilan awal pada Command Prompt (CMD).

3. Sebagai contoh pada tutorial kali ini saya akan membuat folder baru pada drive D /  Data, ketikan perintah D:, secara otomatis command prompt kamu akan berada pada direktori drive D atau Data. 

4.  Cmd sudah mengarah pada direktori D.

5. Sebelum ke langkah pembuatan folder, kita akan membandingkan pada direktori D sebelum dan sesudah pembuatan, Sebelumnya hanya terdapat satu folder yaitu folder Backup pada drive D.

6. Untuk membuat folder baru pada direktori tertentu kita hanya perlu menjalankan perintah seperti berikut ini. Sebagai contoh disini saya akan membuat folder baru  dengan nama “test“.

7. Cek folder yang tadi kita buat pada cmd di drive D, apabila muncul folder baru dengan nama “test” berarti kita sudah berhasil membuat folder baru.

8. Selain dapat membuat folder pada cmd, kita juga bisa membuat subfolder, sub folder adalah membuat folder didalam folder, pada contoh ini kita akan membuat subfolder pada folder yang baru kita buat tadi yaitu folder test. caranya mudah sekali ketikan cd untuk masuk ke direktori folder test.

9. Jika sudah masuk ke direktori test, saatnya kita membuat folder baru lagi menggunakan perintah mkdir, disini saya akan membuat folder dengan nama “folderkedua“. Jika sudah, kita cek lagi ke drive D, buka folder “test” jika berhasil maka akan muncul folder baru dengan nama “folderkedua

10.  Subfolder dengan nama “folderkedua” sudah berhasil kita buat..

Kamu sudah berhasil membuat folder dan subfolder menggunakan Command Prompt.. Semoga Bermanfaat!!! 🙂

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *