fbpx

Kamu bisa membuat hingga menghapus alamat email  yang pernah dibuat sebelumnya. Namun apa jadinya apabila alamat email yang menyimpan banyak data penting namun sudah tidak ingin digunakan. Maka solusi terbaik adalah dengan melakukan suspend akun email.

Pada artikel  kali ini, kami akan menjelaskan cara melakukan suspend akun email beserta beberapa alasan yang melatar belakangi untuk memilih opsi ini, Berikut adalah penjelasannya.

# Alasan Melakukan Suspend Akun Email

Ada beberapa alasan kenapa lebih baik anda melakukan suspend email daripada menghapusnya, berikut beberapa diantaranya:

1. Penyimpanan Data Email Penting

Jika kamu pernah berfikir, bagaimana agar akun emailnya tidak digunakan lagi baik terima dan kirim pesan, namun data yang telah ada tetap tersimpan. Suspend menjadi pilihan strategis agar data email yang penting tetap tersimpan dan dapat anda akses kapanpun. Namun alamat email tidak lagi bisa digunakan untuk pengiriman atau penerimaan

2. Menghindari Spamming

Sering terjadi ketika mendapatkan sebuah akun email domain melakukan spamming, baik disengaja ataupun tidak. Untuk ketidaksengajaan pengiriman email spamming hal ini biasanya disebabkan karena malware atau virus pada komputer/laptop yang digunakan. Guna menghentikan pengiriman email spamming tersebut, solusinya anda bisa melakukan suspend pada email target.

Hal ini digunakan agar spamming berhenti dan anda bisa melakukan tindakan untuk membersihkan mail client dari virus atau malware. Selain itu anda juga bisa meyelamatkan email dalam hosting yang sama, agar tidak terkendala ‘Max defers anda failures’ serta meminimalisir imbas email anda ditandai sebagai spam oleh mail server penerima.

3. Menghindari Phising

Aktivitas phising yang dilakukan melalui layanan email hosting akan berakibat disuspendnya akun hosting secara keseluruhan. Tentunya hal ini akan berakibat layanan hostingnya untuk sementara waktu tidak dapat digunakan. Segeralah anda lakukan suspend pada akun email yang terindikasi agar tidak mengalami kerugian selanjutnya. 

Ada alasan lain kenapa suspend akun email adalah pilihan, yaitu agar email domainnya tidak terkena pinalti max defer oleh sistem akibat dari salah satu atau beberapa akun email doman melakukan spamming/kesalahan pengiriman email berulang-ulang.

Pada posisi ini, akun email yang melakukan spamming dan kesalahan pengiriman dapat dihentikan sementara aktivitasnya dengan cara disuspend.

# Cara Melakukan Suspend Email Domain Melalui cPanel

Untuk melakukan suspend akun email silahkan ikuti  langkah-langkah dibawah ini.

1. Login ke cPanel hosting kamu

2. Klik Email Accounts

3. Pada langkah kedua, klik Manage pada akun email yang ingin kamu suspend, sebagai contoh disini saya menggunakan email human2021@domainsaya.

4. Setelah masuk menu Manage, gulir kebawah hingga menemukan Restrictions seperti pada gambar dibawah ini

  • Receiving Incoming Mail : Jika kamu mengaktifkan suspend maka semua yang berhubungan dengan Kotak masuk Email tidak berfungsi dan kamu tidak akan bisa menerima email masuk.
  • Sending Outgoing Email :Jika kamu mengaktifkan suspend maka semua yang transaksi kirim mengirim email tida berfungsi
  • Logging In : Artinya kamu tidak bisa login meggunakan akun email yang di tangguhkan/suspend.

5. Untuk menyimpannya silahkan klik Update Email Settings 

Semoga Bermanfaat 🙂

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *